Cara Instal Webuzo Panel di VPS

Apa kabarnya nih semua, udah lama ga update blog Simple Life, sekarang lagi mau belajar bikin web di VPS jadi biar ga Lupa dan sekalian Share sama teman - teman jadi dibuatlah tulisan x ini. Kalian pasti bertanya - tanya kenapa sih instalnya ga di Hosting aja ? Kan lebih Mudah !

Jawabannya Karena VPS itu lebih murah ! koq bisa ? Menggunakan Hosting memang lebih mudah tetapi tidak menjamin lebih murah, Jika dibandingkan harga Paket Hosting termurah dengan Harga VPS termurah memang terlihat Murah tetapi dengan spek yang lebih Kecil dibanding VPS.
Sebelum menggunakan VPS kita perlu sedikit belajar extra untuk membuat Control Panel seperti pada saat kita menggunakan Hosting. Tetapi dengan VPS yang lebih besar spesifikasinya kita bisa membuat lebih banyak blog dari pada jika kita menggunakan Hosting.

Ok Lanjut Ketahap pertama yaitu mendaftar VPS, banyak sekali penyedia VPS tapi jangan bingung saya sudah pilihkan yang terbukti baik dan stabil Plus ada Bonus Dollar dan Affiliate


  1. Daftarlah sebuah akun untuk menyewa server di DigitalOcean, bisa klik disini untuk dapat FREE $10 credits!
  2. Siapkan $10 atau $5 Paypal atau kartu kredit untuk aktivasi. Lakukan payment dari Billing DigitalOcean ($5 paket minimum) 
  3. Setelah akun DigitalOcean anda aktif, buatlah sebuah Droplet (sebutan untuk server di DigitalOcean). Karena akan digunakan untuk instal panel Webuzo, maka pilihlah distro CentOS.
  4. Setelah droplet aktif. Loginlah ke console via Putty dg akun root (cek email, password droplet terkirim ke email). Jangan lupa update setelah sukses login
Apa itu webuzo ?? webuzo adalah cpanel untuk mempermudah kita menginstal banyak web dalam satu vps. Dengan menginstal Webuzo di VPS anda maka VPS anda akan memiliki tampilan seperti  Jika anda Menggunakan Hosting (walau agak berbeda tapi intinya sama) Kalau mau yang sama persis seperti Hosting Anda dapat menginstal Cpanel (berbayar)

Lanjut ke Topik Setelah Daftar dan membeli VPS lanjut ke tahap meng instal Webuzo Panel, untuk bisa mengakses VPS kita perlu sofware Putty bisa di Download Gratis

Login Putty Masukkan IP Hosting
Tampilan Putty setelah Memasukkan Root Password seperti CMD

Setelah Anda Login ke VPS dengan Putty dengan User Root dan Password masing - masing maka kita sudah bisa untuk mulai meng instal Webuzo, Tinggal Ikuti langkah dibawah ini (ketik yang perintah yang ditebalkan)


  1. Instal wget jika belum terinstall yum install wget -y
  2.  install nano yum install nano -y
  3. Download Webuzo installer wget -N http://files.webuzo.com/install.sh
  4. Ubah permission chmod 0755 install.sh
  5. Jalankan installer Webuzo ./install.sh
  6. Tunggu hingga proses instal Webuzo selesai

Setelah proses peng instalan webuzo di VPS selesai kita lanjutkan ke menu Browser seperti Mozila atau Chrome

1. Selesaikan proses instalasi dengan membuka via browser http://x.x.x.x:2004 dimana x.x.x.x adalah IP dari server (Contoh : http://67.25.258.276:2004)

2. Setelah terbuka di browser akan ada Webuzo initial setup. Silahkan isikan dengan data yg benar dan valid. (jangan lupa User dan Password yang anda isi kan karena untuk login webuzo)

3. Pada primary domain isikan dg IP VPS ANDA,

4. Pada isian Nameserver 1 dan 2 isikan ns1.digitalocean.com dan ns2.digitalocean.com (sesuai dengan anda mendaftarkan Domain Anda).

5. License key kosongkan saja karena kita akan memakai free license (perbedaan free dan berbayar hanya proses penginstalan skip manual jika free jika berbayar hanya tinggal klik saja)

6. Next, silahkan klik tombol “Install” dan tunggu beberapa menit hingga muncul “Installation completed successfully“

7. Masuk atau Loginlah via browser http://x.x.x.x:2004 dimana x.x.x.x adalah IP dari server

8. Sesuaikan setting dengan cara Arahkan kursor ke Setting > General > Centang pilihan bahwa server yg digunakan adalah VPS

9. Selanjutnya klik tombol “Edit Settings”  untuk menyimpannya tombol berada di paling bawah

10. Bukalah Enduser panel lewat browser http://x.x.x.x:2002. Dari panel tsb nanti anda bisa menambahkan domain, edit DNS zone, membuat database, setting email, instal aplikasi dan script (auto), dan lain2. Namun ikuti dulu tahapan berikutnya dibawah ini bagi yang mau mindahin ke nginx dan install wordpress.

Oke sekian dulu next post cara instal banyak wordspress di webuzo via VPS


Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga Bermanfaat. Jangan lupa Like dan +1 nya, ditunggu saran dan kritik juga Komentarnya. Laporkan Juga Link yang mati agar bisa segera di perbaikin. Terima Kasih Salam Simpel Life

Posted In: Simpel Life, Updated at: 11:13 AM

Artikel Terkait

Followers